Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 15, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang bermimpi untuk bekerja di luar negeri. Baik dari seorang fresh graduate atau seorang karyawan profesional. Memang, banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan jika bekerja di luar negeri mulai dari penghasilan yang tinggi, kesejahteraan hidup yang lebih baik, asuransi yang lebih jelas, budaya yang baru, hingga prospek kerja yang lebih luas.

Kini, melamar pekerjaan di negara manapun dapat menggunakan media internet dan aplikasi melamar pekerjaan. Namun, tidak hanya lewat internet saja terdapat cara lain untuk mencari pekerjaan di luar negeri. 

Bagaimana Cara Mencari Pekerjaan di Luar Negeri? 

Freelance

Cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri dan merupakan cara yang paling mudah adalah menjadi seorang freelance untuk bidang usaha tertentu. Berbeda dengan pekerjaan full time seorang freelancer tidak terikat dengan waktu dan bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Keuntungan menjadi seorang freelancer adalah kamu dapat bekerja dengan lebih fleksibel, serta kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan lainnya! 

Di luar negeri, juga banyak yang mencari seorang freelancer. Kamu dapat memiliki lebih dari satu kemampuan yang bisa ditawarkan. Selain itu, seorang freelancer juga sangat cocok bagi kamu yang tidak suka bekerja namun terikat dengan waktu. 

Program Magang

Bagi seorang lulusan baru atau fresh graduate, jika ingin memulai berkarir di luar negeri namun tidak tahu harus memulai darimana kamu dapat mengikuti program magang ke luar negeri. Kamu dapat mencarinya di website resmi program magang di luar negeri atau kamu dapat mengunjungi website resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia. 

Melalui program magang, kamu dapat mengetahui seluk beluk dunia profesional, bagaimana cara bekerja secara profesional, bagaimana sistem pekerjaan itu sendiri di sebuah perusahaan, dan lainnya. 

Perusahaan Agensi atau Penyedia Program

Lewat perusahaan agensi penyedia kerja di luar negeri juga kini sudah tersedia dengan jumlah yang banyak. Jika kamu mendaftar lewat program penyedia pekerjaan di luar negeri kamu akan dibantu untuk pengurusan administrasi seperti pengurusan visa, dokumen legal, hingga tempat tinggal. Perusahaan ini cocok untuk bagi kamu yang belum pernah memiliki pengalaman kerja di luar negeri. 

Aplikasi Penyedia Pekerjaan, atau Website Resmi

Menggunakan aplikasi atau portal kerja juga lebih mudah. Contohnya seperti LinkedIn, JobStreet dan aplikasi sejenis. Dengan lewat aplikasi portal kerja proses pelamaran sangatlah mudah. Kamu cukup melengkapi profil kamu, beserta portofolio, dan CV dan kemudian mencari perusahaan luar negeri untuk kamu apply

Jika kamu sudah ada perusahaan tertentu yang kamu incar untuk bekerja disana, kamu dapat langsung mengunjungi website resmi perusahaan tersebut untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan luar negeri yang lebih lengkap. 

Working Holiday Visa

Working Holiday Visa adalah jenis visa yang digunakan untuk bekerja sekaligus liburan di negara tertentu dengan durasi maksimal hingga dua tahun. Visa ini sangat cocok untuk fresh graduate S1 yang masih belum memiliki pengalaman kerja di luar negeri. 

Namun, untuk mengajukan visa ini terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu seperti kamu harus memiliki SRPI (Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia) dan harus berumur 18 hingga 30 tahun.

Kerja di Luar Negeri Harus Menguasai Bahasa Inggris!

Jika kamu ingin bekerja di luar negeri namun tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris, tentu kesempatan untuk diterima sangatlah kecil. Maka dari itu, menguasai bahasa Inggris sangatlah wajib. Mulai dari tingkat komunikasi, penulisan, verbal dan nonverbal wajib dikuasai untuk sukses bekerja di luar negeri. 

Memulai belajar bahasa Inggris sangatlah mudah, dan tentunya kamu membutuhkan arahan terbaik. Maka dari itu, dengan mendaftarkan diri di Wall Street English adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggris kamu. Mulai dari pengajar terbaik, Native Speaker berkualitas, metode belajar yang menyenangkan dan tidak berat, hingga materi yang mudah untuk dipahami. Yuk, segera daftar di Wall Street English! 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

Sep 8, 2022
Business & Career

6 Skills Professional yang Dibutuhkan di Dunia Kerja!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP