Ingin Kerja di BUMN? Berikut Caranya!

Aug 25, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bekerja di perusahaan BUMN adalah impian bagi banyak orang, apalagi seorang fresh graduate. Memang tidak dapat dipungkiri, bahwa bekerja di perusahaan startup sudah banyak peminatnya apalagi di zaman sekarang. Akan tetapi, bekerja di perusahaan BUMN tidak kalah menarik. Terdapat berbagai macam alasan mengapa bekerja di perusahaan BUMN banyak diminati. 

Mulai dari fasilitas yang memadai, tunjangan yang menarik, gaji yang cukup tinggi hingga lainnya yang menjadi patokan mengapa banyak sekali perusahaan BUMN diminati. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara masuk kerja di perusahaan BUMN yaitu dengan syarat yang harus dipenuhi! Namun, kita bahas terlebih dahulu tips penting apa saja agar bisa masuk ke perusahaan BUMN!

Tips Paling Penting Agar Bisa Kerja di BUMN!

Persiapkan Dokumen yang Lengkap

Tahap seleksi yang paling umum untuk melamar di perusahaan BUMN adalah menyiapkan dokumen yang lengkap baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy. Setiap perusahaan BUMN memiliki website yang dapat digunakan untuk melihat lowongan, hingga informasi terbaru seputar perusahaan. 

Jika kamu melamar, kamu akan diminta untuk upload semua dokumen yang dibutuhkan. Jika ada dokumen yang tidak lengkap, maka kemungkinan besar lamaran kamu akan ditolak. 

Persiapkan Sertifikat Tes Bahasa

Di BUMN, kamu juga wajib untuk mampu berbahasa Inggris. Kamu harus memiliki skor TOEFL dan IELTS yang mumpuni. Untuk skor TOEFL yang dibutuhkan sebesar 450 – 500. Kemudian, untuk IELTS sendiri kamu membutuhkan skor setidaknya 6 – 7.5. Alangkah baiknya untuk dipersiapkan dari jauh hari sebelum kamu melamar di perusahaan BUMN. 

Pilih Perusahaan yang Cocok 

Di Indonesia, banyak sekali perusahaan BUMN. Namun, untuk memilih mana yang cocok bukanlah sesuatu hal yang mudah. Kamu harus mencari tahu juga lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan BUMN tersebut apakah sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu. 

Selain latar belakang pendidikan, pekerjaan yang kamu lamar harus sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki agar saat kamu bekerja bisa menghasilkan yang terbaik bagi perusahaan. 

Kembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Di dalam menjalani pekerjaan, di perusahaan manapun komunikasi adalah hal yang paling penting untuk dijalankan karena dengan komunikasi yang lancar dapat meningkatkan bisnis dengan baik. Begitu pula saat menjalani pekerjaan di perusahaan BUMN atau perusahaan manapun. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik akan membantu kamu untuk bekerja di perusahaan BUMN. 

Cari Informasi yang Selalu Up-to-date

Setiap harinya, akan ada informasi terbaru mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan BUMN. Kamu harus pintar dalam mencari informasi terbaru terkait lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Apalagi, sekarang ini marak sekali lowongan pekerjaan palsu dengan modus penipuan dan mengatasnamakan perusahaan BUMN terkenal. 

Cara Masuk Kerja di Perusahaan BUMN

Setelah kamu mengetahui tips-tipsnya, sekarang kita akan membahas bagaimana cara masuk kerja di perusahaan BUMN. 

Syarat Masuk Kerja di Perusahaan BUMN : 

  1. Merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki usia maksimal 27 tahun untuk Diploma I, II, dan III. Usia maksimal 30 tahun untuk lulusan Diploma IV dan Sarjana 1. 35 tahun merupakan usia maksimal bagi lulusan Magister atau S2
  3. Memiliki IPK dengan nilai rata-rata minimal 2.75
  4. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba
  5. Memiliki surat SKCK 
  6. Memiliki surat kompetensi pelatihan
  7. Memiliki surat rekomendasi dari kuliah, dan komunitas yang berhubungan dengan pekerjaan 

Berapa Gaji Kerja di BUMN? 

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh setiap pelamar adalah gaji yang akan diterima jika bekerja di sebuah perusahaan. Begitu pula dengan perusahaan BUMN. Nah, untuk gaji rata-rata yang dapat diterima dari seorang karyawan di perusahaan BUMN tergantung dari tingkatannya. Untuk seorang level staf, gaji mulai dari 8 juta per bulan. Sedangkan, untuk karyawan baru kemudian masuk lewat Management Trainee mendapatkan gaji 7 sampai dengan 8 juta per bulannya. 

Nah, bekerja di perusahaan BUMN pun membutuhkan persyaratan untuk mahir berbahasa Inggris karena tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan pekerjaan berbasis bahasa Inggris, mengikuti event berbahasa Inggris dan kegiatan pekerjaan lainnya yang membutuhkan bahasa Inggris. Jika kamu belum menguasai bahasa Inggris, akan sangat sulit untuk mengembangkan karir di perusahaan BUMN. 

Kamu dapat mendaftarkan diri ke Wall Street English untuk belajar mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dari segi komunikasi, penulisan hingga segi bisnis. Tidak lupa juga di Wall Street English menyediakan Program IELTS untuk membantu kamu meraih nilai IELTS diatas rata-rata! Yuk, segera daftarkan diri di Wall Street English, dijamin kemampuan bahasa Inggris kamu akan meningkat! 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP