Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 16, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Hard skill merupakan kemampuan teknis yang kita miliki untuk menjalankan suatu tugas atau pekerjaan dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut dengan baik dan benar. Mempunyai hard skill tentu akan membantu kamu pada saat bekerja dan memberikan performa terbaik. Di dalam dunia kerja, terdapat banyak sekali hard skill yang dapat kamu miliki, tergantung dari bagian pekerjaan kamu. Pada artikel kali ini, kita akan membahas hard skill apa saja yang kamu butuhkan dalam dunia kerja. 

Sebagai informasi tambahan, kamu harus mengetahui kepentingan soft skills. 

Apakah Soft Skills Sangat Penting? 

Soft skills dan hard skills saling berhubungan, jika kamu tidak menguasai soft skills maka akan sangat sulit untuk menguasai hard skills kamu. Kesuksesan di dalam pekerjaan tidak hanya di kemampuan teknis saja namun juga bagaimana cara kamu berinteraksi terhadap rekan kerja di kantor. 

Soft skills merupakan kemampuan yang harus dimiliki. Contohnya yaitu cara berkomunikasi, sopan santun terhadap rekan kerja secara profesional, kecerdasan emosional, penyelesaian suatu masalah secara kreatif hingga mampu bekerja dibawah tekanan. Terdapat beberapa soft skills yang wajib dimiliki : 

Kreativitas

Kemampuan ini artinya kamu memiliki wawasan, hingga imajinasi untuk mencari cara bagaimana kamu mampu menghadapi suatu masalah. Bagi yang memiliki kreativitas tinggi lebih mampu memberikan inovasi terbaru dibandingkan yang tidak. 

Mampu Berkomunikasi

Berkomunikasi merupakan salah satu soft skills yang penting di dalam dunia pekerjaan. Sangatlah penting bagi kamu untuk dapat berkomunikasi dengan rekan kerja, dan atasan agar kamu dapat memberikan ide terbaik, dan berani mengutarakan pendapat. 

Kecerdasan Emosional

Hal ini dapat diartikan sebagai kemampuan kamu dalam mengatasi permasalahan dan merespons dengan baik sisi emosional baik dari diri sendiri atau rekan kerja. Kesadaran diri, motivasi, empati, cara kamu bersosialisasi hingga manajemen diri. 

Manajemen Waktu

Soft skill ini dapat membantu kamu bekerja dengan lebih rapi dan terarah dengan cara mengatur jadwal harian, hingga deadline pekerjaan. Jika kamu dapat mengatur waktu dengan baik, maka kamu dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif. 

Mampu Bekerja Sama dalam Tim

Dengan bekerja sama di dalam tim, kamu bisa mendapatkan banyak ide dari pemikiran yang berbeda-beda. Maka dengan itu, menyelesaikan suatu permasalahan dengan mudah karena mendapatkan solusi dari berbagai pandangan yang berbeda.

Hard Skill yang dibutuhkan di Pekerjaan

Marketing & Promosi

Memiliki hard skill Marketing & Promosi sangat penting untuk membantu proses pemasaran dan promosi suatu perusahaan dan bisnis. Skill teknikal yang ada di segi Marketing & Promosi yaitu SEO, SEM, Marketing Campaign, Digital Marketing, Offline Marketing dan skill marketing lainnya. 

Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa Asing merupakan salah satu hard skill yang wajib dimiliki. Banyak sekali perusahaan yang kini menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi, mengerjakan tugas, presentasi bisnis dan lainnya. Selain itu, mampu berbahasa asing juga bisa membuat kamu diterima di perusahaan multinasional. 

Desain Grafis

Kemampuan hard skill lainnya yaitu kemampuan mendesain atau desain grafis. Sekarang ini, banyak perusahaan yang mengincar desain grafis untuk website, sosial media, membuat presentasi yang menarik, promosi suatu produk dengan grafis, dan kebutuhan desain lainnya. 

Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman atau coding sudah menjadi hard skill dengan prospek kerja yang sangat tinggi. Dengan menguasai Coding kamu dapat membuat berbagai aplikasi versi desktop, maupun mobile. Banyak sekali bahasa yang dapat dipelajari seperti Java, C++, PHP, Android, HTML, CSS, dan lainnya. 

Mengolah Data

Kemampuan mengolah data juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tugas dari seorang pengolah data adalah memastikan data yang dimiliki oleh perusahaan tersusun dengan sangat rapi dan terstruktur. Beberapa kemampuan yang berhubungan dengan mengolah data ini adalah Data Research, Data Mining, Data Engineering, dan Data Analyst. 

Hard skill diatas sangat dibutuhkan di dunia kerja. Terutama bahasa asing yang wajib kamu kuasai salah satunya adalah bahasa Inggris. Kamu dapat mempelajari bahasa Inggris di Wall Street English. Kursus bahasa Inggris terbaik ini memiliki berbagai program terbaik dengan materi pembelajaran berkualitas tinggi yang dapat menjamin setelah selesai kursus, kemampuan bahasa Inggris kamu akan meningkat dengan tinggi. Yuk, daftar sekarang di Wall Street English!

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP