Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 15, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, pasti menginginkan perkembangan karir yang pesat baik dari segi jabatan, masa depan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas diri. Mengembangkan karir memang bukan sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan, tergantung dari diri dan niat kita masing-masing pribadi apakah ingin berkembang atau hanya ingin berada di “level” itu saja. 

Yuk, kita kembangkan karir demi masa depan yang lebih cerah! Kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya kita dapat mengembangkan karir di perusahaan. Sebelum itu, sebagai informasi tambahan alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana caranya agar kamu bisa diterima cepat di perusahaan. 

Bagaimana Cara Agar Diterima Kerja dengan Cepat? 

Siapkan CV dengan Baik

Hal yang pertama dan wajib untuk dilakukan adalah menyiapkan CV/Resume dan Portfolio dengan lengkap. Cantumkan pengalaman pendidikan, kegiatan organisasi yang kamu lakukan pada saat di sekolah atau kuliah, kemudian cantumkan pula kemampuan kamu hingga pengalaman kerja yang kamu miliki seperti menjadi seorang magang atau part-time. 

Buat juga CV dengan desain yang menarik agar dapat menarik minat dari perekrut. Maka dari itu, kesempatan kamu untuk diterima di perusahaan akan semakin besar. 

Miliki Pengalaman Magang

Saat ini, banyak sekali institusi pendidikan seperti kampus yang memiliki program magang dan sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk membantu proses perekrutan dengan mahasiswa di universitas. Dimulai dari magang kamu bisa belajar bagaimana cara bekerja secara profesional, dan kamu bahkan bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang sulit didapatkan!

Tingkatkan Kemampuan Kamu

Selanjutnya yang harus kamu kembangkan adalah kemampuan utama dan kemampuan tambahan kamu. Pada saat menjalani proses interview kamu harus menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis, bahkan pihak HRD juga akan memberikan tes yang sesuai dengan kemampuan kamu. Ditambah lagi, jika kamu memiliki pengetahuan di luar bidang utama kamu, akan menjadi nilai plus. 

Riset Perusahaan Tempat Kamu Melamar

Pertanyaan yang akan kamu dapatkan pertama kalinya adalah apakah kamu mengetahui perusahaan tempat kamu melamar? Kamu dapat melakukan riset mengenai perusahaan tersebut. Seperti sejarah singkatnya, bisnis apa yang sedang berjalan atau produk serta jasanya. 

Bagaimana Cara Mengembangkan Karir di Perusahaan? 

Selalu Evaluasi Diri

Evaluasi diri merupakan salah satu aspek penting dalam mengembangkan karir di perusahaan. Kamu dapat memahami kelebihan dan kekurangan kamu dan juga pekerjaan apa yang sedang kamu jalani di perusahaan. Kamu juga dapat meminta feedback dari rekan kerja atau senior agar kamu dapat lebih mengetahui apa saja kelebihan serta kekuranganmu. 

Tingkatkan Kemampuan Softskill dan Hardskill

Soft Skill seperti cara berkomunikasi, sopan terhadap senior, hingga cara kamu mengambil sebuah keputusan dan Hard Skill seperti Digital Marketing, Coding, Desain Grafis dan kemampuan lainnya wajib kamu tingkatkan. Tidak hanya dapat meningkatkan karir kamu, namun kamu juga dapat memberikan performa yang terbaik. 

Bangun Reputasi yang Baik

Memberikan performa yang baik di perusahaan akan meningkatkan reputasi kamu. Orang-orang akan lebih mengandalkan kamu dalam mengerjakan suatu tugas di kantor. Selain itu, kamu dapat tampil dengan lebih profesional, menghadiri kegiatan kantor seperti Gathering, Seminar, Workshop dan lainnya. 

Kembangkan Network (jaringan)

Cara yang penting untuk mengembangkan karir adalah meningkatkan jaringan kamu. Mereka dapat membantu kamu memberikan pengetahuan tentang karir dan tantangan yang mungkin saja kamu hadapi nantinya. Tidak perlu takut untuk bertemu dengan orang-orang baru, semakin berkembang jaringan kamu akan semakin meningkat kualitas karirmu. Tunjukkan juga kemampuan apa saja yang kamu miliki. 

Tentukan Tujuanmu

Terakhir, menentukan tujuan adalah salah satu alasan mengapa banyak orang dapat sukses menjalani pekerjaannya. Kamu harus bisa menetapkan tujuan utama kamu bekerja di perusahaan tersebut, fokus terhadap tujuan kamu dan jadikan ini sebagai motivasi untuk terus melangkah. 

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan karir di perusahaan adalah menguasai bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris yang kini sudah digunakan di banyak perusahaan. Maka dari itu, ayo kembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu agar kamu terlihat lebih profesional. Jika kamu bingung untuk mengembangkan bahasa Inggris kamu dapat mengunjungi Wall Street English yang menyediakan program bahasa Inggris Bisnis untuk mempelajari bahasa Inggris dari segi bisnis. Kualitas karir akan sangat menurun jika kamu tidak mau belajar bahasa Inggris, yuk daftar sekarang di Wall Street English! 

More News

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

Nov 17, 2022
Lifestyle

Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ini Dia Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri!

Nov 16, 2022
Lifestyle

Berwisata ke Australia, Jangan Lupa Kunjungi Kota Paling Bagus di Australia!

Nov 11, 2022
Lifestyle

Ingin Kemampuan Bahasa Inggris Lebih Meningkat? Yuk, ke Wall Street English!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP