Cara Membuat Essay Dalam Bahasa Inggris yang Baik

Mei 19, 2020

Kamu pasti sering mendengar istilah penulisan essay. Atau bahkan sering mendapat penugasan untuk menulis sebuah essay. Menulis essay umumnya memang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu studi atau program belajar. Kebanyakan essay pun harus ditulis dalam bahasa Inggris terutama essay untuk masuk ke kampus di luar negeri. Namun, bagaimana cara membuat essay dalam bahasa Inggris? Simak ya artikel ini!

Baca Juga: Weekly Grammar: Indirect & Direct Speech

Apa Itu Essay?

Essay merupakan penulisan mengenai suatu fenomena atau isu yang didasari dengan opini dari penulis. Biasanya essay digunakan sebagai penugasan akademis. Dengan menulis essay, guru / dosen dapat melihat sudut pandang kamu melihat suatu fenomena / masalah. Jika kamu ingin masuk ke perguruan tinggi di luar negeri, essay pun menjadi salah satu prasyarat.

Struktur Penulisan Essay

Sebelum langsung menulis, ada pentingnya kamu mengerti struktur dari penulisan di dalamnya.

  1. Title (Judul), judul dari essay yang kamu tulis.
  2. Introduction (Pendahuluan), sebelum kamu membahas inti dari essay, kamu harus memulai dengan pendahuluan. Di dalamnya kamu harus menuliskan mengenai topik secara umum dan permasalahan yang terdapat di dalamnya.
  3. Body (Badan Essay), di dalam sini kamu bisa menumpahkan pokok pikiran kamu mengenai pokok permasalahan yang ada. Kamu bisa menjelaskan masalah-masalah yang terdapat di essay kamu dan pemikiran kamu yang didasari dengan bukti ilmiah. Bukti ilmiah bisa berupa jurnal, artikel maupun teori dari buku.
  4. Closing and Conclusion (Penutup dan Kesimpulan), bagian ini dimana kamu menutup essay dengan kesimpulan berdasarkan pokok pemikiran dan bukti yang sudah ada.

Baca Juga: Kosakata dan Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

Tips Cara Membuat Essay

1. Pilih tipe essay

Dalam penulisan essay terdapat tipe-tipe penyampaiannya. Tipe essay ini akan membantu gaya penulisan dan cara penyampaian pesan.

  • Narrative essay, menyampaikan subject essay secara langsung dengan cara bercerita.
  • Persuasive essay, menulis untuk meyakinkan pembaca mengenai suatu pandangan.
  • Expository essay, menjelaskan mengenai sebuah proses melalui tulisan.
  • Descriptive essay, menulis secara detail mengenai pembahasan kamu dalam essay.

2. Membuat outline essay

Tips cara membuat essay selanjutnya adalah membuat outline essay terlebih dahulu. Memulai dengan outline dapat membantu kamu untuk menata arah tulisan kamu. Sehingga pada tengah proses kamu tidak lagi bingung ingin menulis apa. Kamu bisa mulai membuat bagian / chapter dalam essay kamu. Mulai mapping apa saja poin yang ingin kamu jelaskan di dalam essay.

cara menulis essay

Sumber: Pexels

3. Riset essay

Walaupun essay merupakan penulisan opini tapi kamu harus tetap menambahkan riset untuk mendukung pernyataan kamu. Maka sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa sertakan semua riset yang sudah kamu lakukan dan meletakkannya di setiap poin yang kamu buat. Dengan begitu setiap poin yang kamu punya sudah memiliki riset pendukung.

4. Menulis isi essay

Setelah outline dan bahan riset sudah lengkap, kamu sudah siap menuliskan essay kamu. Karena kamu sudah menyiapkan poin penulisan di outline maka kamu tinggal mengikuti alur poin saja. Kemudian memakai gaya / tipe penulisan yang kamu pilih sebelumnya. Cara membuat essay yang fokus dengan memastikan kamu tidak menulis diluar dari outline dan riset yang telah kamu lakukan ya!

5. Baca dan cek ulang (spelling, grammar dan sumber)

Nah, yang satu ini penting banget dalam cara menulis essay! Setelah selesai menulis essay jangan lupa untuk membaca ulang semuanya. Kemudian pastikan kalau spelling dan grammar kamu sudah sempurna.

Hati-hati juga pada kalimat-kalimat paraphrase dan quotation. Pastikan keduanya terlihat jelas perbedaannya sehingga pembaca mengerti bahwa kedua hal tersebut merupakan kalimat pendukung opini kamu. Hal yang paling enting untuk dicek juga adalah sumber. Jangan sampai sumber kamu berasal dari artikel atau jurnal yang tidak bisa dipercaya.

Baca Juga: Weekly Grammar: Jenis-jenis Pronoun

Itu dia tips cara menulis essay dalam bahasa Inggris. Sekarang kamu bisa memantapkan bahasa Inggris kamu di mana saja dan kapan saja agar bisa menulis essay dalam bahasa Inggris. Gabung ke WSE GO (Wall Street English Goes Online) dan belajar bersama Native English Teacher! Di WSE GO kamu tidak hanya bisa belajar writing tapi kamu bisa belajar speaking dengan program belajar yang seru banget! Yuk daftar sekarang dengan klik di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

Ingin Lancar Ber-bahasa Inggris? Ikuti Tips agar Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat terutama dalam percakapan? salah satu…

Apa Itu Idiom Bahasa Inggris? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Kata idiom mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Tak hanya dalam Bahasa Indonesia, idiom…

Ucapan Idul Fitri Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Kirimkan ke Kerabat

Walaupun Idul Fitri tahun ini tidak bisa saling mengunjungi, namun silaturahmi tidak boleh putus. Banyak…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami