Cara Melamar Kerja Jika Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Sep 30, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bagi kamu yang baru saja lulus kuliah, atau belum memiliki pengalaman bekerja sama sekali mencari pekerjaan adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan. Bahkan, orang-orang yang mempunyai pengalaman kerja sekalipun belum tentu diterima bekerja di perusahaan yang mereka lamar, apalagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali? 

Namun, tidak perlu khawatir. Terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan, meskipun kamu minim atau tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali. Mulai dari memperbaiki curriculum vitae, memiliki sertifikat pelatihan, dan lainnya yang akan kita bahas bersama di dalam artikel ini. 

Apa yang Harus Dilakukan Apabila Melamar Kerja Belum Mempunyai Pengalaman?

Lamar Pekerjaan yang Sesuai Kualifikasi

Salah satu alasan utama yang dihadapi oleh orang yang belum memiliki pengalaman kerja adalah melamar di jabatan atau kualifikasi yang salah. Hanya melihat dari nama perusahaan, serta gaji yang ditawarkan namun tidak memperhatikan kualifikasinya. Contoh, pengalaman kerja yang dibutuhkan, pemahaman terhadap kemampuan khusus, hingga prestasi yang didapatkan selama menjalani pendidikan (jika ada). 

Jika kamu ingin mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk diterima bekerja, pastikan CV/Resume kamu memenuhi sebagian persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. 

Buat CV/Resume yang Menarik!

Langkah selanjutnya, yaitu membuat CV/Resume kamu semenarik mungkin. Bukan hanya cantik di bagian desain saja, namun juga memberikan informasi yang lengkap mengenai data diri, pengalaman pendidikan, organisasi, pengalaman mengikuti berbagai kegiatan dan lainnya. Sangat tidak disarankan untuk mencantumkan informasi yang tidak penting seperti hobi, kesukaan, warna favorit, film favorit dll. 

Tampilkan pula kemampuan teknis yang dimiliki seperti seperti kemampuan berbahasa, kemampuan desain, menggunakan teknologi, dan kemampuan teknis lainnya.

Mulai dari Level Bawah

Kesalahan yang juga sering dilakukan oleh orang yang belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate adalah melamar pekerjaan di level yang terlalu tinggi. Mereka merasa, bahwa kemampuan yang dimiliki sudah layak dan pantas untuk mendapatkan jabatan tinggi tersebut ditambah pula dengan menawarkan gaji yang lebih tinggi yang tidak sesuai dengan kemampuan. Hal ini menyebabkan sulitnya mendapat pekerjaan. 

Alangkah baiknya, mulai dari level yang kecil dulu. Sebagai lulusan baru atau yang belum memiliki pekerjaan, mencari pengalaman lebih penting dibandingkan penghasilan yang tinggi. Kamu dapat melamar dari level seperti intern (magang), dan level staff/junior terlebih dahulu. 

Daftarkan Diri untuk Ikut Program Magang

Magang adalah batu loncatan, dimana kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja. Mulai dari ilmu yang diajarkan, cara kerja secara profesional dan lainnya. Program magang kini tersedia banyak sekali, baik di bangku kuliah, hingga website untuk melamar kerja. Memang, penghasilan yang didapatkan sangatlah kecil namun pengalaman yang kamu dapatkan sangatlah besar. 

Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga kamu diangkat menjadi karyawan tetap jika kamu memberikan kontribusi terbaik di perusahaan tempat kamu magang. Dengan menjadi karyawan tetap, kamu bisa mendapatkan hal-hal baru seperti relasi yang lebih luas, penghasilan yang lebih tinggi, dan ilmu pengetahuan baru untuk kamu gunakan jika ingin melamar di perusahaan lainnya. 

Kembangkan Kemampuan Bahasa Inggris

Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki sekarang ini adalah kemampuan berbahasa Inggris. Kini, berbahasa Inggris adalah kemampuan wajib yang harus dimiliki untuk bisa sukses di dunia karir masa depan. Komunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris bisa membantu kamu untuk bersaing di dunia karir yang semakin ketat ini. Namun, kesulitan dalam memahami bahasa Inggris akan membuat karir kamu semakin menurun. Maka dari itu, memiliki kemampuan Bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki. 

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris, kamu dapat mendaftarkan diri ke Wall Street English untuk mempelajari bahasa Inggris dari segi profesional agar kamu bisa masuk ke perusahaan impian kamu, dan mengejar karir kamu! Yuk, segera daftarkan diri sekarang ke Wall Street English!

More News

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

Nov 17, 2022
Lifestyle

Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ini Dia Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri!

Nov 16, 2022
Lifestyle

Berwisata ke Australia, Jangan Lupa Kunjungi Kota Paling Bagus di Australia!

Nov 11, 2022
Lifestyle

Ingin Kemampuan Bahasa Inggris Lebih Meningkat? Yuk, ke Wall Street English!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP