Cara Lengkap untuk Mempersiapkan Diri Menghadapi Wawancara Internal!

Aug 31, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Apa yang dimaksud wawancara internal? Internal Interview, atau Wawancara Internal mungkin terdengar sangat asing di masyarakat. Wawancara ini dilakukan oleh bagian internal perusahaan kepada seorang karyawan yang akan naik jabatan ke tingkat selanjutnya. Hal ini, dilakukan oleh perusahaan untuk menilai apakah karyawan tersebut pantas untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. 

Namun, sebelum memulai wawancara tersebut alangkah baiknya kamu kembali memikirkan mengenai jabatan yang lebih tinggi ini. Apakah memang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki? Jika tidak, kamu dapat melamar ke perusahaan lainnya yang lebih sesuai dengan kemampuan kamu. Bagi kamu yang menentukan untuk tetap melanjutkan dengan jabatan yang lebih tinggi, disini kita akan membahas cara yang tepat dan jitu agar kamu lebih siap dalam menghadapi wawancara internal! 

5 Tips Wawancara Internal yang Wajib Dikuasai!

Kenali Reputasi di Kantor

Sebelum memulai wawancara promosi, alangkah baiknya kita mengetahui reputasi diri sendiri di kantor. Tidak perlu ragu dalam meminta kritik serta saran dari semua kolega di kantor dan kamu harus bisa menerima kritik yang baik maupun tidak baik. Terima setiap yang mereka katakan dan jangan sampai membela diri. Kamu dapat menemukan secara terbuka apa yang mereka pikirkan tentang dirimu. 

Contohnya, ketika kamu akan diangkat menjadi manajer, kamu dapat bertanya kepada kolega kamu apakah kamu cocok untuk menjadi seorang manajer? Apakah kamu mampu untuk menanggung beban seorang manajer? Menurut mereka, apakah kemampuan kamu sudah mumpuni? 

Riset Mengenai Jabatan 

Tips kedua, kamu dapat mencari tahu mengenai jabatan yang akan kamu ambil. Pelajari setiap tugas-tugas yang kemungkinan akan kamu kerjakan nantinya, kemudian jika kamu berhasil mendapatkan jabatan tersebut tanggung jawab apa saja yang harus kamu emban karena semakin tinggi jabatan maka tanggung jawab akan semakin besar. 

“Jual” Kemampuan Kamu

Kamu harus mampu dalam “menjual” kemampuan yang kamu miliki kepada Hiring Committee. Hal ini dilakukan untuk dapat meyakinkan mereka bahwa kamu cocok untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Berikan juga setiap kontribusi dan prestasi kamu selama kamu bekerja di jabatan yang sekarang. Berikan juga dalam bentuk portfolio agar lebih profesional sebelum kamu melakukan wawancara internal. 

Motivasi Kerja untuk Posisi yang Baru

Selain prestasi dan kontribusi, kamu juga harus memiliki motivasi kerja yang juga dapat meyakinkan HRD bahwa kamu sesuai untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Jangan hanya karena gaji yang akan naik, dan fasilitas pekerjaan yang lebih menjadi sebuah motivasi. Motivasi dapat berbentuk ilmu pengetahuan yang lebih, pengalaman yang lebih luas, koneksi yang lebih luas, tanggung jawab yang lebih besar, perkembangan perusahaan, dan lainnya. 

Mampu Menjawab Setiap Pertanyaan dengan Baik

Sama seperti disaat kamu melakukan interview, kamu harus mampu memberikan jawaban di setiap pertanyaan saat wawancara internal dengan baik. Tidak bertele-tele dan langsung to the point. Berikan pula jawaban yang singkat, padat dan jelas untuk setiap pertanyaan yang diberikan oleh HRD. Contoh pertanyaan pada saat wawancara internal yaitu : 

  • Apa yang membedakan anda ke pelamar lain? 
  • Bagaimana pendapat Anda mengenai posisi ini? Karena posisi ini berbeda dengan posisi Anda sebelumnya?
  • Seperti apa gaya kepemimpinan Anda? 
  • Kemampuan apa yang sudah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir bekerja di perusahaan?
  • Bagaimana pandangan supervisor Anda terkait pekerjaan Anda?
  • Bagaimana cara Anda beradaptasi di posisi yang baru ini? 

Mampu Berkomunikasi dengan bahasa Inggris

Satu kemampuan teknis yang harus kamu miliki adalah mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Kini, banyak perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris untuk melakukan wawancara apalagi perusahaan startup, dan perusahaan multinasional. Masih banyak yang menganggap remeh terhadap penggunaan bahasa Inggris. 

Bagi kamu yang menginginkan karir yang lebih tinggi, mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris adalah suatu kemampuan yang wajib dimiliki. Jika tidak, karir kamu di masa depan akan sangat sulit untuk berkembang. Tingkatkanlah kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris kamu dengan mendaftarkan diri ke Wall Street English. 

Merupakan komunitas bahasa Inggris terbesar di Indonesia, Wall Street English menawarkan berbagai program terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara natural dari segi profesional. Yuk, segera daftarkan diri di Wall Street English!

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP