Cara Lengkap Menjadi Seorang Penerjemah Handal dan Profesional!

Jun 8, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Menjadi seorang penerjemah kini sudah menjadi profesi yang diminati banyak orang. Selain memiliki prospek kerja yang bagus namun juga bisa membuat kamu terampil dalam menggunakan dua bahasa sekaligus. Penghasilan yang didapatkan dari seorang juga cukup tinggi, apalagi jika kamu bekerja menjadi penerjemah bagi pemerintahan atau perusahaan besar. 

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang penerjemah, kamu dapat membaca cara-cara dibawah ini yang dapat membantu kamu menjadi seorang penerjemah profesional! Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu apakah menjadi seorang penerjemah dapat dilakukan tanpa kuliah? 

Apakah Bisa Menjadi Penerjemah Tanpa Kuliah? 

Jawabannya, bisa! Memang, dengan menjalani kuliah akan membantu kamu dalam proses melakukan kegiatan terjemahan dan mendapatkan gelar untuk terlihat lebih profesional namun dengan menguasai kedua bahasa (bahasa lokal dan bahasa asing) tentu saja akan mempermudah kamu menjadi seorang penerjemah. 

Bagi kamu yang kuliah dan ingin menjadi seorang penerjemah berikut merupakan rekomendasi jurusan kuliahnya : 

  • Jurusan Bahasa
  • Jurusan Sastra
  • Perhotelan dan Pariwisata
  • Jurusan Komunikasi
  • Jurusan Hubungan Internasional
  • Jurusan Seni
  • Jurusan Televisi / Film

Bagaimana Cara Menjadi Penerjemah? 

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk menjadi seorang penerjemah, yaitu : 

Pelajari Bahasa Asing

Sudah tentu kamu harus mempelajari bahasa asing untuk menjadi penerjemah. Kamu wajib memilih bahasa yang dibutuhkan. Misalkan kamu ingin menjadi seorang penerjemah bagi tamu Korea yang berkunjung ke Indonesia, sudah pastinya kamu harus mempelajari bahasa Korea. Tidak sedikit juga penerjemah mempelajari sekaligus 2 bahasa asing yaitu bahasa negara yang dituju dan bahasa Inggris. 

Rajin Mempelajari Konten Bahasa Asing

Cara cepat untuk mempelajari bahasa asing adalah lewat konten bahasa asing. Contohnya seperti buku, video, film dan lainnya. Dengan begitu, kamu akan bisa mendapatkan gambaran mengenai struktur kalimat, dan cara bicara orang-orang asing agar kamu bisa mengikuti alur dan ritmenya pada saat melakukan terjemahan. 

Dapatkan Sertifikat

Selain menguasai bahasa asing, agar kamu lebih dipercaya kamu wajib memiliki sertifikat. Kamu bisa mendapatkan sertifikasi atau lisensi lewat universitas atau kursus. Kamu hanya perlu mencari universitas atau kursus mana yang menyediakan materi, dan pelajaran terbaik. Sertifikat atau lisensi juga bisa menjadi penanda bahwa kamu adalah seorang profesional. 

Masuk ke Agensi Penerjemah

Untuk menambah koneksi, dan pengalaman kamu dapat masuk ke agensi penerjemah. Kamu akan tahu tugas-tugas apa saja yang dilakukan oleh penerjemah profesional, waktu yang dibutuhkan untuk menerjemahkan sesuatu dan lainnya. Dengan memiliki banyak pengalaman bekerja di agensi, tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa mendapatkan pelanggan pribadi atau bekerja sebagai freelance. 

Promosikan Kemampuanmu

Agar kemampuan penerjemah kamu lebih dikenal banyak gunakan, jangan segan-segan untuk mempromosikan kemampuanmu. Kepada keluarga, teman-teman atau dengan menggunakan bantuan sosial media agar kamu dapat reach out ke setiap pengguna sosial media, baik dalam maupun luar negeri. 

Sebagai seorang penerjemah, tentu tidak akan lengkap jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Maka dari itu, tahap awal dan paling penting untuk menjadi penerjemah adalah dengan mempelajari bahasa Inggris. 

Wall Street English siap membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu agar kamu dapat menjadi penerjemah yang handal. Mulai dari berbagai program terbaik, Professional hingga VIP bahkan kamu dapat menikmati promo-promo yang murah. Yuk, daftar sekarang di Wall Street English! 

More News

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

Jun 13, 2022
Business & Career

5 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Eropa Nomor Satu!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP