Cara Kerja di Luar Negeri dengan Mudah!

Mar 28, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Kerja di luar negeri sudah menjadi impian dari banyak orang, mulai dari ingin menikmati prospek kerja yang bagus, pengetahuan yang didapatkan, hingga gaji tinggi yang menggiurkan. Nah, bagi kamu yang baru saja lulus menjalani pendidikan di luar negeri kamu dapat langsung melamar diri kamu di berbagai perusahaan. 

Namun, kamu harus mengetahui caranya terlebih dahulu caranya bagaimana kerja di luar negeri dan juga persyaratan yang harus kamu jalani agar kamu dapat langsung melamar pekerjaan di luar negeri. 

Apa Saja Persyaratan Kerja di Luar Negeri? 

Terlebih dahulu kita harus membahas bagaimana cara bekerja di luar negeri, dan kita juga harus memenuhi setiap persyaratannya yang ada agar dapat kuliah di luar negeri dengan lebih mudah. Berikut merupakan dokumen yang menjadi persyaratan untuk kuliah di luar negeri!

  • Paspor dari kantor Imigrasi
  • Visa Kerja
  • KTP Asli dan Fotokopi
  • Ijazah pendidikan terakhir
  • Akte lahir
  • Surat keterangan izin dari anggota keluarga
  • Surat rekomendasi Dinas Tenaga Kerja asal Calon Pekerja
  • KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) 
  • Sertifikat Lulus Uji Kompetensi
  • Kontrak Kerja dari perusahaan terkait
  • Surat Perjanjian Penempatan TKI

Tips dan Cara Agar Bisa Bekerja di Luar Negeri

Dibawah ini merupakan tips dan juga cara yang dapat kamu ikuti agar kamu dapat bekerja di luar negeri dengan lebih mudah dan sudah mempersiapkan semuanya dari awal!

Cara Bekerja di Luar Negeri

Ikuti Program Working Holiday

Bekerja di luar negeri sudah dilakukan oleh banyak orang Indonesia, dan tidak semua orang Indonesia yang pergi ke luar negeri untuk melakukan liburan. Adapula yang ke luar negeri untuk bekerja sementara. Tentunya, kamu harus memiliki Visa. Visa yang diberikan berbeda dengan Visa TKI ataupun TKW. Tidak hanya visa, kamu juga harus lulus Uji Kompetensi Bahasa Inggris

Melalui Perusahaan Secara Langsung

Merupakan salah satu cara yang paling aman untuk dijalani jika ingin bekerja di luar negeri. Kamu dapat apply secara langsung melalui aplikasi portal lowongan kerja seperti LinkedIn, Kalibrr, Jobstreet, Glints dan lainnya. 

Mengikuti Program Magang Negara Tujuan

Jika kamu baru selesai menjalani kuliah, kamu dapat mengikuti program magang yang disediakan oleh negara tujuan. Kamu dapat mengunjungi website resmi lowongan pekerjaan di luar negeri. Ada pula beberapa perusahaan yang menawarkan program pertukaran pekerja.

Program Sukarela atau Volunteer

Kamu dapat mencoba menjadi sukarelawan dan pergi ke negara tujuan kamu. Kamu dapat pergi menjadi volunteer secara individu maupun sukarela. Meskipun kamu tidak akan mendapatkan penghasilan yang tetap namun kamu akan mendapatkan pengalaman bekerja di luar negeri!

Sekolah Di Luar Negeri

Menjalani pendidikan di luar negeri, kamu akan mendapatkan kesempatan besar untuk bekerja di luar negeri! Kamu dapat melamar sebagai magang atau part-time di perusahaan tertentu yang nantinya tidak akan menutup kemungkinan bahwa kamu akan menjadi Full-time Employee!

Tips Bekerja di Luar Negeri

Setelah mengetahui cara bekerja di luar negeri, kamu harus mengetahui tips bekerja di luar negeri yang dapat kamu ikuti! 

Tentukan Negara Pilihan

Dalam memilih negara tujuan, tidak boleh asal memilih! Kamu harus memperhatikan bahasa, budaya hingga masyarakat disana seperti apa agar kamu tidak mengalami Culture Shock pada saat menjalani pekerjaan disana. 

Persiapkan Soft Skill dan Hard Skill

Kamu harus mempersiapkan dengan matang Soft Skill dan Hard Skill karena kedua hal ini sangatlah berhubungan. Contohnya, jika Hard Skill kamu sangat baik seperti di bidang ilmu komputer namun kamu masih sulit untuk berkomunikasi (presentasi) di depan umum maka kamu akan kesulitan menjalani pekerjaan kamu di luar negeri! 

Persiapkan Dokumen

Kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan dokumen yang dikumpulkan juga harus lengkap agar dapat menjalani proses pendaftaran dengan lebih mudah. Apalagi, banyak negara yang sangat ketat dalam pengumpulan dokumen warga negara asing. 

Memiliki Sponsor

Bekerja di luar negeri mengharuskan kamu untuk memiliki sponsor agar dapat menjamin kamu dalam bekerja dan menetap di luar negeri. Sponsor bisa dari perusahaan yang memberikan kamu pekerjaan tersebut jadi dari pihak perusahaan harus ada yang dapat bertanggung jawab dan bertindak sebagai penjamin kamu. 

Punya Biaya Ekstra

Kamu harus mempersiapkan biaya tambahan jika ingin lanjut kerja di luar negeri. Kamu harus memikirkan biaya tempat tinggal, biaya transportasi hingga biaya untuk hidup sehari-hari. 

Belajar Bahasa

Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah menguasai bahasa negara tujuan kamu, jika kamu menguasainya maka kamu tidak akan kesulitan dalam berkomunikasi sehari-hari. Kamu dapat terlebih dahulu belajar Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. 

Kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan mengikuti course di Wall Street karena Wall Street menyediakan kurikulum standar internasional! Yuk, daftar sekarang di Wall Street! Jangan lupa untuk mengikuti tips dan cara kerja ke luar negeri agar kamu bisa meraih impian untuk kerja di negara tujuan kamu!

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP