Bisnis Online, Metode Bisnis Yang Berkembang dengan Pesat!

Jun 22, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Semakin berkembangnya jaman kini banyak hal yang bergantung terhadap perkembangan teknologi digital. Mulai dari kegiatan hiburan hingga kegiatan transaksi jual beli. Kini, transaksi jual beli secara online atau bisnis online sudah sangat marak sekali dan banyak pula masyarakat yang menjadi sukses karena bisnis online. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis online di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara kamu memulai bisnis online. 

Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu apa itu bisnis online dan keuntungannya menjalankan bisnis online di era globalisasi ini. 

Apa yang dimaksud dengan bisnis online? 

Sesuai dengan namanya, Bisnis Online merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan melalui internet. Contohnya seperti transaksi jual beli, promosi, dan kegiatan bisnis lainnya yang dilakukan secara online. Namun, banyak sekali pandangan masyarakat yang masih negatif terhadap bisnis online seperti takut ditipu, takut tidak dapat bersaing dengan kompetitor dan masih banyak lagi. 

Disamping hal-hal buruk tersebut yang belum tentu terjadi, menjalani bisnis online memiliki berbagai keuntungannya dan juga manfaatnya. Apa saja keuntungan dan manfaat dari menjalani bisnis online? 

Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas

Menjalani bisnis online tidak hanya dapat menjangkau pasar lokal saja, namun dapat menjangkau pasar global dengan sangat cepat. Bagaimana bisa? Bisnis online tidak hanya dilakukan platform e-commerce saja namun juga dapat dilakukan di sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok dan sosial media lainnya. Dengan begitu, bisnis kamu dapat menjangkau pasar internasional dengan sangat cepat dan pesat. 

Fleksibel

Mempunyai bisnis online akan membuat waktu kamu menjadi lebih fleksibel dibandingkan dengan pekerjaan kantor. Kamu tidak akan terikat dengan jam kantor 9 – 5 atau bekerja selama 8 sampai 9 jam. Bisnis online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dan yang penting kamu memiliki koneksi internet yang stabil dengan device seperti laptop atau smartphone

Tidak Membutuhkan Biaya yang Besar

Kamu dapat memulai bisnis online dengan biaya yang sedikit atau tanpa biaya sedikitpun. Kok bisa? Bisnis online tidak mengharuskan kamu untuk menyewa atau membeli ruko atau toko fisik. Kamu dapat menggunakan tempat tinggal kamu baik rumah, kos atau apartemen untuk menyimpan stok produk kamu. 

Selain itu, kamu tidak memerlukan promosi besar-besaran. Cukup dengan menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk atau jasa kamu. Kamu dapat menggunakan Google Ads dengan metode pembayaran iklan per klik. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online? 

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis online, kamu dapat mengikuti cara dibawah ini agar dapat memulai bisnis online dengan baik. 

  1. Tentukan Platform

Seiring berkembangnya teknologi tentu ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk menjalani bisnis online. Baik di aplikasi e-commerce dengan proses pendaftaran menjadi seorang reseller yang mudah dan cocok bagi kamu yang ingin memasarkan produk secara pasar lokal hingga sosial media yang dapat kamu gunakan untuk menjangkau pasar yang sangat luas.

  1. Cari Distributor yang Terpercaya

Bagi kamu yang tidak ingin menggunakan modal sama sekali untuk memulai bisnis online kamu dapat mendaftarkan diri sebagai seorang dropshipper atau reseller. Namun ingat, kamu harus pandai dalam memilih distributor atau supplier dengan kualitas terbaik dan terpercaya agar tidak terjadi hal-hal berbahaya seperti penipuan. 

  1. Tingkatkan Brand Awareness dari Produk atau Jasa Kamu

Memiliki bisnis online sangat wajib untuk meningkatkan branding atau brand awareness dari produk atau jasa bisnis kamu. Kamu dapat menggunakan fitur dari sosial media seperti sharing, atau posting. Dengan begitu, orang-orang akan mengenal dengan cepat produk atau jasa dari bisnis online kamu. Buatlah promosi produk semenarik mungkin untuk memikat para pengguna sosial media. 

  1. Buat Website

Membuat website bagi bisnis online kamu adalah hal yang wajib dilakukan. Mengapa begitu? Dengan adanya website yang menjelaskan bisnis kamu, maka produk atau jasa kamu akan lebih terpercaya. Selain itu, kamu dapat mendesain website agar terlihat lebih menarik. Di dalam website bisnis online wajib kamu cantumkan halaman produk, hingga deskripsi produk yang lengkap dan jelas. 

  1. Gunakan Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Di awal kamu menjalani bisnis online, tentu kamu belum memiliki modal sama sekali. Nah, seiring berkembangnya bisnis online kamu dan sudah memiliki modal yang cukup kamu dapat menggunakan teknik marketing seperti promo diskon atau cashback untuk meningkatkan pembeli. 

Itulah beberapa cara yang dapat dijalankan untuk memulai bisnis online bagi pemula. Dari bisnis online ini, kamu wajib mahir dalam berbahasa asing karena tidak akan menutup kemungkinan kalau kamu bisa mendapatkan pembeli dari luar negeri. 

Nah, maka dari itu kamu setidaknya harus mampu berbahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan calon pembeli dari luar negeri. Kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English untuk belajar bahasa Inggris agar dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Wall Street English menawarkan berbagai macam program terbaik seperti Profesional Skills, IELTS, VIP dan WSE Core.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP