Apa itu Social Media Specialist?

Jul 6, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bagi kamu anak muda yang mengikuti perkembangan zaman, sepertinya sudah tidak asing lagi dengan profesi Social Media Specialist. Namun bagi yang belum tahu, pada dasarnya seorang Social Media Specialist memiliki tanggung jawab untuk mengatur seluruh sosial media perusahaan. Namun, tidak semerta-merta bahwa pekerjaan dari profesi ini adalah sekadar upload foto atau video di media sosial. 

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai profesi seorang Social Media Specialist. Mengenai artinya, deskripsi pekerjaannya, hingga gaji yang dapat diperoleh dari profesi ini. 

Arti dari Social Media Specialist

Social Media Specialist, merupakan profesi yang dimana memiliki tanggung jawab untuk mengatur setiap sosial media yang dimiliki oleh perusahaan. Tidak hanya itu, pekerjaan lain yang harus dijalankan oleh profesi ini adalah membuat content plan. Content plan berisi poin-poin seperti : 

  • Penempatan content untuk masing-masing sosial media
  • Pemilihan visual, kata-kata, hingga hashtag yang sesuai 
  • Proses publikasi di waktu yang tepat untuk menjangkau banyak pengguna

Selain membuat content plan, seorang social media specialist juga harus pandai dan kreatif untuk membuat brand awareness bagi si perusahaan serta mampu meningkatkan engagement di sosial media. 

Tugas dari Seorang Social Media Specialist

Rincian tugas yang harus dilakukan sehari-hari oleh seorang Social Media Specialist : 

  • Membuat konten yang terbaru, dan menarik
  • Analisa data metrik dari media sosial serta membuat laporannya
  • Interaksi dengan pengguna di sosial media
  • Harus mengikuti tren perkembangan sosial media 
  • Memperkuat, serta memelihara identitas brand dari perusahaan
  • Membuat content plan yang sesuai dengan tujuan serta brand
  • Mampu membangun jejaring sosial dengan KOL atau Key Opinion Leader

Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Social Media Specialist

Bagi kamu yang tertarik ingin terjun menjadi seorang Social Media Specialist, terdapat beberapa skill yang harus kamu kuasai dan kembangkan : 

Kemampuan Mengikuti Tren

Setiap harinya, pasti akan selalu ada tren terbaru di sosial media. Nah, kamu harus mampu memiliki kemampuan untuk mengikuti setiap tren di sosial media yang ada. Mulai dari perkembangan informasi, aplikasi, teknologi dan lainnya untuk membantu dalam menciptakan konten yang menarik.

Kemampuan Berbahasa Inggris

Penggunaan bahasa Inggris di sosial media sekarang lebih diutamakan, ketimbang menggunakan bahasa Indonesia. Mengapa? Karena dengan menggunakan bahasa Inggris, konten akan terlihat lebih profesional, dan mampu menjangkau ke lebih banyak pengguna. 

Menguasai Kemampuan Visual

Pengguna akan lebih melihat visual yang ada di konten sosial media ketimbang tulisan-tulisannya. Mengapa? Karena memiliki visual yang menarik dan bagus dapat memberikan impresi pertama yang baik. Banyak sekali perusahaan yang sudah besar mampu meningkatkan engagement di sosial media karena memiliki visual yang menarik perhatian. 

Kamu dapat mengambil contoh visual yang mampu menarik perhatian di Pinterest, atau dapat belajar menggunakan tools seperti Adobe Photoshop, Canva atau Corel Draw untuk membuat visual konten yang menarik.  

Memiliki Kemampuan Copywriting

Kemampuan Copywriting berguna untuk membantu menyesuaikan gaya bahasa sesuai dengan target audiens, dan penyampaian pesan yang juga tepat di berbagai platform media sosial. Selain itu, dengan memiliki kemampuan Copywriting kamu juga harus mampu membuat caption yang menarik. 

Memiliki Kemampuan SEO

Kemampuan SEO (Search Engine Optimization) juga berlaku tidak hanya di mesin pencarian, namun juga berlaku di media sosial. Memiliki kemampuan SEO dapat membantu merancang strategi sosial media untuk mendapatkan traffic, user engagement hingga leads.

Nah, itulah penjelasan seorang Social Media Specialist. Khususnya, kamu harus mampu menguasai bahasa Inggris agar kamu bisa sukses menjadi seorang Social Media Specialist dalam menciptakan konten-konten berkualitas. 

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English. Kamu dapat mengikuti berbagai program dari Wall Street English. Salah satu programnya adalah Professional Skills untuk mempelajari bahasa Inggris dari sisi bisnis dan profesional. Tanpa ada kemampuan bahasa Inggris, dipastikan kamu akan sulit untuk menjalani pekerjaan, tidak hanya di Social Media Specialist namun juga di bidang pekerjaan lainnya! 

More News

Aug 10, 2022
Business & Career

Cara Ampuh Meyakinkan Investor untuk Bekerja Sama!

Aug 9, 2022
Business & Career

Syarat Lengkap Menjadi Manajer di Perusahaan!

Aug 5, 2022
Business & Career

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Karir di Perusahaan, Wajib Diperhatikan!

Aug 5, 2022
Business & Career

Kualifikasi Apa yang Harus Dimiliki Pegawai agar Bisa Naik Jabatan?

Aug 4, 2022
Business & Career

Strategi Jitu untuk Mengembangkan Karir bagi Karyawan!

Aug 3, 2022
Lifestyle, Media Coverage

Komunitas Bahasa Inggris Terbaik di Indonesia Hadir di Kelapa Gading!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP