Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 16, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Di dalam dunia pekerjaan, kita selalu mendengar kata-kata “pengembangan karir”. Namun, kita tidak begitu mengetahui apa itu pengembangan karir. Di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai pengembangan karir. Mulai dari manfaat pengembangan karir hingga program pengembangan karir yang dapat diikuti oleh setiap karyawan yang ingin mengembangkan karirnya. 

Namun, sebelum mari kita bahas terlebih dahulu apa itu arti dari pengembangan karir yang sering kita dengar di dunia profesional kerja. 

Apa yang dimaksud dengan Pengembangan Karir? 

Pengembangan karir adalah suatu proses yang dilakukan oleh perusahaan kepada seorang karyawan untuk melakukan perubahan status, atau posisi di perusahaan. Tidak hanya berbicara mengenai status, namun pengembangan karir juga meliputi pengembangan kemampuan seorang karyawan, baik dari segi soft skills, dan hard skills

Pengembangan karir dari segi status ini biasa dilakukan jika seorang karyawan merasa dirinya sudah pantas untuk naik jabatan, baik dari kontribusi yang telah diberikan oleh perusahaan atau lamanya seorang karyawan di jabatan tertentu. Nah, pengembangan karir ini juga ada manfaatnya! 

Manfaat dari Pengembangan Karir 

Berikut ini merupakan manfaat dari pengembangan karir seorang karyawan di perusahaan. 

Mendapatkan Relasi yang Lebih Luas

Pengembangan karir yang dialami oleh seorang karyawan dapat memperluas koneksi si karyawan itu sendiri, baik secara internal perusahaan maupun eksternal. Relasi yang lebih luas didapatkan dengan cara berinteraksi serta membagikan pengalaman sehingga si karyawan dapat mempelajari ilmu baru mengenai perjalanan karir seseorang. 

Dengan adanya relasi yang lebih luas ini menentukan kesuksesan seorang karyawan. Si karyawan akan lebih mudah mendapatkan klien, menjalin kerjasama, hingga mendapatkan tawaran karir yang lebih menjanjikan. 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seorang karyawan yang memiliki pengembangan karir tentu menjadi faktor penting untuk meningkatkan rasa percaya diri si karyawan. Dengan meningkatnya rasa percaya diri ini, seorang karyawan akan lebih mampu untuk bersaing di dalam ketatnya kompetisi dalam suatu perusahaan. Tidak hanya itu, pengembangan karir juga dapat menjadi motivasi seorang karyawan untuk bekerja dengan lebih giat dan lebih keras lagi. 

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Pengembangan karir juga dapat meningkatkan produktivitas bagi seorang karyawan. Bagaimana bisa? Dengan adanya proses pengembangan karir, si karyawan dapat menjadi termotivasi untuk terus bekerja dengan lebih giat demi mendapatkan karir yang lebih tinggi. Dengan ini, maka karyawan akan meningkatkan produktivitasnya dan hal ini juga dapat menguntungkan bagi perusahaan. 

Membantu Karyawan Lebih Memahami Diri

Dengan adanya pengembangan karir, si karyawan akan lebih memahami mengenai dirinya, kemampuan yang dimiliki, hingga passion yang juga dimiliki jika si karyawan belum menemukan passion-nya. Tentu, dengan menemukan passion si karyawan dapat bekerja dengan lebih kreatif, inovatif dan produktif. 

Pengembangan Karir Meliputi Apa Saja? 

Setelah mengetahui arti serta manfaat dari pengembangan karir, kita akan membahas apa saja program pengembangan karir yang sering diadakan di perusahaan. 

Coaching

Coaching merupakan kegiatan mengajarkan, dan membimbing kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan, dan membantu karyawan untuk mencapai tujuan di dalam bekerja . Coaching dilakukan oleh perusahaan ketika seorang karyawan mengalami permasalahan di dalam kinerja baik dari pribadi karyawan, maupun perusahaan karena tugas atau pekerjaan yang diberikan. 

Mutasi & Rotasi 

Mutasi di dalam perusahaan adalah perubahan posisi atau jabatan yang dilakukan oleh pimpinan perusahaan kepada karyawan. Dilakukannya mutasi dan rotasi ini adalah untuk memindahkan karyawan ke posisi yang tepat dengan pekerjaannya dan tentu sesuai untuk meningkatkan produktivitas. Selain itu, dengan adanya program ini, si karyawan juga dapat mempelajari hal baru ketika sedang berada di posisi barunya. 

On The Job Training

Program ini merupakan pelatihan di lokasi kerja lingkungan perusahaan yang sebenarnya. Metode yang diterapkan oleh perusahaan untuk memperbaiki serta mengembangkan sikap, perilaku, keterampilan dan pengetahuan seorang karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Promosi

Program pengembangan karir yang paling utama ini adalah Promosi. Promosi adalah program pengembangan karir yang diharapkan oleh karyawan untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi serta benefit yang juga lebih tinggi dari jabatan sebelumnya. 

Promosi diikuti dengan tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang juga lebih besar. Program promosi juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan, membutuhkan syarat-syarat seperti pengalaman kerja, kemampuan, tingkat pendidikan, loyalitas, kejujuran dan lainnya. 

Nah, kegiatan pengembangan karir ini selalu diadakan oleh perusahaan untuk membantu karyawan dalam meningkatkan karir mereka. Kemampuan kamu akan di tes, baik dari segi kemampuan teknis atau kemampuan komunikasi. Dalam mengembangkan komunikasi, kamu dapat menggunakan kemampuan berbahasa Inggris agar kesempatan untuk mendapatkan karir yang lebih tinggi menjadi lebih besar. 

Namun, tidak semua orang mampu berbahasa Inggris dengan baik. Diperlukan pembelajaran intens agar dapat menguasai bahasa Inggris. Wall Street English merupakan komunitas bahasa Inggris yang cocok untuk kamu belajar bahasa Inggris dari segi verbal dan nonverbal. Dengan menguasai bahasa Inggris, potensi kamu untuk mendapatkan karir yang lebih tinggi!  

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

Sep 8, 2022
Business & Career

6 Skills Professional yang Dibutuhkan di Dunia Kerja!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP