Apa itu Networking dalam Bisnis? Apa pula Manfaatnya?

Jul 20, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Di dalam dunia bisnis dan karir, pasti kamu sering mendengar kata-kata Networking. Bukan dalam artian network teknologi, namun dalam artian jaringan atau mengembangkan relasi. Memang, jabatan di dalam suatu pekerjaan dapat menentukan karir kita nantinya, namun membangun relasi memiliki value yang lebih berharga. Nah, diantara kamu mungkin masih bingung apa itu networking dalam bisnis serta manfaat networking di dalam bisnis.

Di dalam artikel ini kita akan mengupas tuntas tentang networking di dalam dunia bisnis. Apa itu artinya serta manfaatnya yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki relasi atau network yang sangat luas. 

Apa itu Networking? 

Networking dalam bisnis, adalah sebuah proses dimana kita membangun suatu jaringan atau relasi yang menguntungkan kepada rekan kerja, pelaku bisnis, klien dan potensi pelanggan. Hal ini melibatkan kita untuk bertemu kepada orang-orang, melakukan kontak untuk menggali informasi dan pelatihan. Selain itu, Networking juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan vendor dan bisnis yang menguntungkan. 

Banyak sekali pengusaha yang sudah sukses dari segi bisnisnya. Bukan hanya karena penghasilan atau pencapaian namun juga karena networking yang dibangun. Banyak sekali manfaat yang bisa dinikmati dengan melakukan networking. 

Manfaat Networking dalam Bisnis

Berikut merupakan beberapa manfaat networking di dalam bisnis. 

Dukungan Karier berupa Referral

Referral, merupakan rujukan atau rekomendasi dari pihak lain yang diberikan oleh seseorang dengan kapasitas serta jabatan tertentu kepada seseorang yang dikenal atau kinerjanya. Referral dapat diberikan kepada pihak yang besar atau penting. 

Misalkan, jika kamu ingin melamar di perusahaan besar namun kamu mengenal rekan kerja di perusahaan tersebut. Jika di perusahaan sebelumnya kamu memiliki kinerja yang baik dan rekan kerja kamu mengetahui kinerja kamu, maka kamu bisa direkomendasikan kepada perusahaan tersebut untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan kerja. 

Perkembangan Karier

Networking dapat membantu kamu dalam mengembangkan karir yang positif. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat mempelajari berbagai macam informasi yang sulit kamu dapatkan di tempat kamu bekerja dan ilmu yang kamu dapatkan bisa membantu kamu menambah ilmu dan wawasan yang dapat digunakan untuk di karir kamu selanjutnya. 

Bertukar Ide (Brainstorming)

Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan dengan bertukar ide ke sesama rekan kerja, partner bisnis dan vendor. Bertukar ide merupakan salah satu manfaat networking yang bisa didapatkan. Di awal berkenalan dengan rekan kerja atau partner bisnis baru, kamu tidak akan tahu batas kemampuan atau wawasan yang dimiliki oleh mereka. Alangkah baiknya berdiskusi atau bertukar ide untuk mengetahui hal tersebut.

Promosi Jabatan

Membangun networking tidak selamanya berhubungan dengan membuat koneksi di luar tempat kerja. Kamu juga dapat membangun relasi di tempat kerja terutama dengan atasan. Dengan menjalin hubungan yang baik, memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan dan memiliki sikap yang baik dari sini kamu akan diperhatikan oleh atasan bahwa kamu memiliki kualifikasi yang cocok untuk jabatan yang lebih tinggi. 

Meningkatkan Peluang Bisnis

Bagi kamu yang baru saja memulai bisnis, mungkin di awal akan merasa sangat kesulitan.  Namun, dengan adanya networking bisnis kamu kedepannya akan menjadi lebih meningkat dan lebih sukses. 

Nah, dalam melakukan networking berkomunikasi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tidak adanya komunikasi akan sangat sulit untuk mendapatkan relasi terbaik. Salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi adalah penggunaan bahasa. Menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi dalam membantu relasi akan terlihat lebih profesional. 

Akan sangat sulit untuk membangun relasi kedepannya jika kita tidak mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Maka dari itu, tingkatkan lagi bahasa Inggris dengan baik. Kamu dapat mendaftarkan diri ke Wall Street English dan mengikuti program Profesional Skills untuk belajar bahasa Inggris dari sisi bisnis dan profesional! 

More News

Aug 10, 2022
Business & Career

Cara Ampuh Meyakinkan Investor untuk Bekerja Sama!

Aug 9, 2022
Business & Career

Syarat Lengkap Menjadi Manajer di Perusahaan!

Aug 5, 2022
Business & Career

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Karir di Perusahaan, Wajib Diperhatikan!

Aug 5, 2022
Business & Career

Kualifikasi Apa yang Harus Dimiliki Pegawai agar Bisa Naik Jabatan?

Aug 4, 2022
Business & Career

Strategi Jitu untuk Mengembangkan Karir bagi Karyawan!

Aug 3, 2022
Lifestyle, Media Coverage

Komunitas Bahasa Inggris Terbaik di Indonesia Hadir di Kelapa Gading!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP