10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview Kerja!

Aug 26, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Saat kamu melamar pekerjaan, hal pertama yang terlintas di pikiran kamu adalah “hal-hal apa saja yang ditanyakan saat interview?”. Apalagi, jika kamu baru pertama kalinya melamar pekerjaan. Nah, sebelum kamu melamar di suatu perusahaan alangkah baiknya kamu mempelajari setiap kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pelamar ketika kamu sedang melakukan interview. Sudah banyak sekali materi yang dapat kamu pelajari di internet.

Tidak lupa juga kita akan membahas hal-hal apa saja yang akan ditanyakan saat interview kerja. Terdapat 10 pertanyaan yang terkadang ditanyakan oleh si pelamar / HRD! 

Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Interview Kerja

  1. Ceritakan tentang Dirimu

Pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh pelamar ketika melakukan interview kerja adalah “ceritakan mengenai dirimu” atau “jelaskan secara singkat profil kamu”. Disini, kamu harus menceritakan tentang diri kamu seperti siapa nama kamu, lulusan dari kampus dan jurusan apa, pengalaman profesional apa yang kamu miliki jika ada, pengalaman organisasi, hingga kemampuan teknis yang dimiliki. 

Pelamar akan menilai kamu dari kepribadian, karakter dan pola pikir calon karyawan. Kamu dapat memperkenalkan diri dengan lebih santai, namun tetap tegas, dan singkat tidak bertele-tele. 

  1. Kelebihan

Ceritakan kelebihan kamu, jangan mengada-ngada serta relevan. Pastikan pula kelebihan yang kamu miliki ini sesuai di bidang pekerjaan yang kamu lamar dan harus memiliki jawaban yang spesifik. Lalu, kamu juga harus memberikan contoh implementasinya di dalam segi profesionalisme pekerjaan. 

  1. Kekurangan

Dimana ada kelebihan, disitu pasti ada kekurangan. Kamu harus menjawab dengan jujur setiap kekurangan yang kamu miliki dan kamu juga harus menyediakan solusi ketika kamu menghadapi kekurangan kamu karena kekurangan yang dimiliki dapat menyebabkan performa atau kinerja yang buruk terhadap pekerjaan. 

Kelebihan dan kekurangan ditanyakan oleh HRD karena HRD ingin melihat seberapa kenal kamu dengan diri kamu sendiri.

  1. Rencana Lima Tahun Ke Depan

Perusahaan yang sudah sangat besar, pasti akan selalu menanyakan hal ini kepada calon karyawan. Kamu harus menjawab dengan jujur dan realistis terhadap rencana kamu di lima tahun kedepan. Tentunya, harus berhubungan dengan perusahaan di tempat kamu bekerja. Seperti contohnya jika kamu 5 tahun ke depan akan lanjut menikah atau melanjutkan studi kamu di luar negeri bagaimana pekerjaan kamu di perusahaan tersebut. 

  1. Ketertarikan Terhadap Perusahaan

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sangat umum ketika kamu melamar kerja. Hal ini biasa ditanyakan untuk mengetahui motivasi yang membuat kamu ingin melamar di perusahaan tersebut. Hindari memberikan jawaban seperti gaji yang tinggi, skala perusahaan yang besar atau membandingkan perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya dengan perusahaan di tempat kamu melamar.

Alangkah baiknya kamu menjawab yang berkaitan dengan perusahaan seperti kecocokan bisnis model perusahaan, visi dan misi perusahaan, latar pendidikan yang sesuai hingga pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar.

  1. Ketertarikan Terhadap Posisi

Selain pertanyaan mengenai perusahaan, kamu juga akan diberikan pertanyaan mengapa kamu tertarik untuk melamar posisi ini. Apabila bidang pekerjaan kamu sebelumnya berada di posisi yang sama tentu menjawabnya tidak akan menjadi hal yang sulit. 

Berbeda jika baru pertama kali melamar posisi ini. Maka dari itu, solusi yang dapat dilakukan adalah sebelum memulai interview kamu harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap deskripsi pekerjaan (job description) yang kamu lamar, kemudian sesuai dengan kemampuan, keterampilan, dan latar belakang pendidikan yang dimiliki. 

  1. Solusi Ketika Menghadapi Masalah

Di perusahaan manapun, pelamar akan selalu bertanya mengenai permasalahan yang dihadapi di pekerjaan dan bagaimana kamu mengatasinya. Berikan jawaban yang bijaksana, dan dewasa dalam menghadapi suatu permasalahan. Dari jawaban inilah akan menjadi pertimbangan apakah kamu layak untuk bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Dari kamu menemukan akar permasalahan, kemudian melakukan analisa terhadap solusi apa yang bisa diberikan, hingga menyediakan solusi terbaik untuk menghadapi permasalahan tersebut. Jawab sesuai dengan keterampilan dan kedewasaan kamu! 

  1. Kenapa Berhenti Bekerja di Perusahaan Sebelumnya

Jika kamu memiliki pengalaman bekerja, hindari setiap kalimat yang berbicara mengenai kekurangan dari perusahaan kamu sebelumnya. Terlebih lagi jika memiliki masalah pribadi perusahaan sebelumnya, jangan sampai hal ini kamu ceritakan ke pihak HRD. 

Sampaikan alasan yang masuk akan dan logis kenapa kamu berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya contohnya seperti mau meningkatkan kemampuan di tempat lain, ingin mempelajari sesuatu yang baru, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan peningkatan diri di perusahaan.

  1. Gaji Sekarang yang Dimiliki

Masalah gaji adalah hal yang paling sulit dijawab ketika melakukan interview. Jika kamu mendapatkan pertanyaan ini, jawablah dengan jujur dengan menyebutkan nominalnya secara langsung. Lebih mudah jika kamu sudah memiliki pengalaman bekerja di tempat sebelumnya. 

Bagi kamu yang belum memiliki pengalaman bekerja, kamu dapat melakukan riset terlebih dahulu seperti UMR di tempat kamu melamar, kebutuhan hidup secara minimal, dan UMR minimal dari pekerjaan yang sejenis. 

  1. Berapa Gaji yang Diinginkan?

Pertanyaan yang paling penting ini kadang selalu membuat bingung seorang lulusan baru atau fresh graduate karena belum pernah memiliki pengalaman kerja sehingga tidak adanya patokan untuk gaji yang diinginkan. Alangkah baiknya kamu langsung melakukan riset terhadap gaji yang didapatkan untuk posisi pekerjaan yang kamu lamar. 

Sesuaikan pula dengan keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki dan jangan ragu untuk menceritakan ke HRD agar kesempatan untuk diterima di perusahaan tempat kamu melamar semakin besar serta ekspektasi gaji kamu juga meningkat. Jangan lupa untuk menceritakan pengalaman dan prestasi yang kamu miliki selama menjalani pendidikan karena hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk gaji kamu di perusahaan. 

Terdapat hal lainnya yang harus kamu perhatikan saat melakukan interview adalah penggunaan bahasa Inggris. Apakah kamu tahu, bahwa sekarang banyak sekali perusahaan khususnya startup dan perusahaan multinasional yang menggunakan bahasa Inggris pada saat interview? Kamu juga harus mempersiapkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris agar interview bisa berjalan dengan lancar. 

Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris, maka karir kamu akan semakin sulit kedepannya! Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendaftarkan diri ke komunitas bahasa Inggris terbesar se Indonesia yaitu Wall Street English. Disini, kamu akan diajarkan bagaimana cara berkomunikasi secara natural lalu mengikuti berbagai kegiatan yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dari segi bisnis. Yuk, daftar sekarang di Wall Street English!

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP