Weekly Grammar: Menggunakan I, Me, My dan Myself Dengan Tepat

Apr 19, 2019
Share on facebook
Share on twitter

Pada sesi Weekly Grammar minggu ini, kita akan membahas mengenai penggunaan pronoun atau kata ganti orang pertama yaitu I, Me, dan My dengan tepat. Walaupun semuanya memiliki arti yang sama yaitu Saya atau Aku, ketiga kata tersebut tidak dapat digunakan untuk menggantikan satu sama lain begitu saja. Ada aturan-aturan tertentu yang mengatur kapan kita harus menggunakan I dan kapan kita harus menggunakan Me. Supaya kamu terhindar dari kesalahan saat menggunakan kata ganti tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Penggunaan I dan Me

Kata ganti I sejatinya hanya digunakan saat kita membicarakan diri kita sebagai subjek. Perlu diingat, subjek selalu berada di awal kalimat sehingga kita tidak akan pernah menemukan kata I ini di akhir kalimat. Sementara Me digunakan sebagai objek, yang umumnya berada di akhir kalimat. Jadi, gunakanlah kedua kata ini secara tepat dan jangan sampai tertukar ya. Contohnya dapat kita lihat pada kalimat-kalimat berikut:

  • I never saw her again.
  • I want to go to London.
  • He went to the party with me.

Penggunaan My dan Mine

Nah, untuk My dan Mine keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama menunjukkan kepemilikan atau possessive. Namun bedanya My merupakan possessive adjective, sedangkan Mine merupakan possessive pronoun. Sebagaimana adjective lainnya, My harus diikuti oleh sebuah noun, misalkan my book, my car, my house, dan lainnya. Sedangkan sebagai pronoun, Mine tidaklah perlu diikuti oleh noun di belakangnya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • That house is mine.
  • They come to my house.
  • I drink from my glass.

Penggunaan Myself

Yang terakhir adalah penggunaan Myself. Myself merupakan sebuah reflexive pronoun, yaitu pronoun yang digunakan ketika objek dan subjek dalam sebuah kalimat merujuk kepada orang/benda yang sama. Contohnya adalah:

  • I bought it for myself.
  • I look at myself in the mirror.
  • I studied it all by myself.

Nah, itu tadi semua merupakan cara-cara penggunaan pronoun untuk orang pertama yang tepat. Setelah mempelajarinya, kamu dapat mengikuti tes gratis dari kami di sini.

 

More News

May 28, 2021
Grammar

Past Progressive Tense: Definisi, Contoh, dan Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Demonstrative Pronoun: Definisi, Contoh, dan Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Dependent Clause: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Bare Infinitive: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaan

May 28, 2021
Vocabulary

In Order to, In Order That, So That: Contoh dan Cara Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Adverb of Place: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Ingin Bahasa Inggris anda #NaikLevel ?

Coba ikut Kelas Gratis Wall Street English!