Home Grammar   Relative Clause: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Relative Clause: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Agu 27, 2020

Dalam belajar grammar bahasa Inggris banyak sekali hal-hal kecil yang perlu dipelajari. Tak hanya sekadar struktur kalimat, ada juga jenis yang digunakan untuk menyempurnakan kalimat. Sebenarnya, apa itu relative clause?

Baca Juga: Rumus Bahasa Inggris: 16 Tenses yang Perlu Kamu Pelajari

Definisi Relative Clause

Relative clause adalah salah satu jenis dependent clause. Kalimatnya memiliki subjek dan verb tapi tidak bisa berdiri sendiri sebagai satu kalimat. Kalimat ini juga dikenal sebagai ‘adjective clause’ karena fungsinya mirip dengan fungsi adjective atau kata sifat yaitu memberi informasi tambahan pada sebuah nounRelative clause selalu dimulai dengan ‘relative pronoun’ yang menggantikan nounnoun phrase, atau pronoun ketika beberapa kalimat digabung. Apa saja yang termasuk dalam relative pronoun tersebut?

  • Who: Digunakan untuk merujuk objek manusia. Pronoun ini digunakan untuk menggantikan subjek noun atau pronoun (he, she, we, they).
  • Whom: Digunakan juga untuk merujuk objek manusia. Pronoun ini digunakan untuk menggantikan objek nouns atau pronouns (him, her, us, them).
  • Whose: Selain who dan whom, ada whose yang juga digunakan untuk merujuk objek manusia. Pronoun ini digunakan untuk menggantikan possessive nouns atau pronouns (his, hers, our, their).
  • That: That bisa digunakan untuk merujuk objek benda hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan serta bisa digunakan juga untuk menggantikan benda mati.
  • Which: Which memiliki karakteristik yang unik. Mengapa? Which bisa menjadi subjek atau objek, dapat digunakan pada non-restrictive relative clauses, dan juga dapat digunakan juga pada restrictive relative clauses, meskipun kebanyakan orang tidak suka menggunakannya.

Penggunaan relative pronoun bisa digunakan subjek maupun objek dalam sebuah kalimat. Agar kalian tidak bingung, mari kita lihat contohnya di bawah ini.

Relative pronoun sebagai subjek

  • I like the person who was nice to me. 
  • I hate the dog that bit me. 
  • I am moving to Louisville, KY, which is home to the Muhammad Ali Museum.

Relative pronoun sebagai objek

  •  like the bike. My father gave me the bike. 
  • I like the bike that my father gave me.

Jenis Relative Clause

Relative clause terbagi menjadi 2, yaitu: restrictive relative clause dan non-restrictive relative clause. Mari kita bahas satu per satu.

Restrictive relative clause

Restrictive relative clause, atau sering juga dikenal dengan ‘defining clause’, memberikan informasi yang menjelaskan sebuah noun (informasi penting untuk melengkapi identifikasi sebuah noun). Kita dapat menggunakan “that” atau “which” untuk noun yang bukan manusia dan menggunakan “that” atau “who” untuk noun yang merupakan manusia. Biasanya pula dalam kalimat ini tidak digunakan koma. Contoh:

  • I like the paintings that hang in the SASB North lobby.
  • I like the paintings which hang in the SASB North lobby. 
  • Students who study hard will do well in my class. 
  • Students whose grades are low can drop one test score.

Ketika sebuah noun menjadi objek dari preposition, noun dan presposition-nya dipindahkan ke depan kalimat relative clause. Dalam bahasa Inggris yang lebih kasual, umumnya yang dipindahkan hanya pronoun-nya saja. Contoh:

  • I hope I hear from the person with whom I spent hours talking last night.
  • I hope to hear from the person whom I spent hours talking with last night.

Non-restrictive relative clause

Jenis ini juga dikenal sebagai ‘non-defining clause’ yang hanya menyediakan informasi tambahan. Informasi yang disediakan mungkin cukup menarik dan penting untuk percakapan yang lebih luas, tapi tidak penting untuk dapat mengidentifikasi noun secara tepat. That tidak bisa digunakan sebagai relative pronoun dalam non-restrictive relative clause. Tanda koma selalu digunakan di awal dan akhir relative clause jenis ini. Sebuah non-restrictive clause dapat memodifikasi satu nounnoun phrase, atau keseluruhan preposition. Contoh:

  • My mother, who is an excellent cook, is thinking of opening a restaurant.
  • I’m planning to grow roses, which I find quite beautiful. 
  • I’m driving across the country with three small children, which is going to be stressful.

Baca Juga:  Penggunaan While dan When dalam Bahasa Inggris

Sudah paham mengenai penggunaannya? Jika belum, mungkin sudah saatnya kamu mengikuti kelas pembelajaran online dari WSE GO (Wall Street English Goes Online). Tak hanya materinya saja yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, metode belajarnya pun juga beragam. Pembelajaran yang interaktif akan membuat kamu jauh lebih percaya diri dalam belajar bahasa Inggris. Progress yang kamu dapatkan dijamin juga lebih cepat dibandingkan kursus secara konvensional.

Kamu juga bisa mengetahui level bahasa Inggris dengan mengisi tes bahasa Inggris di bawah ini! Yuk, ketahui tingkatan bahasa Inggris kamu agar bisa mudah memperbaikinya!

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami