Home Grammar   Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah kenal dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat dalam Bahasa Inggris. Namun, bagaimana dengan adjective clause? Apakah adjective clause sama dengan adjective biasa? Tentu berbeda! Adjective clause ternyata salah satu jenis dari dependent clause yang tidak bisa berdiri sendiri dalam kalimat. Untuk mengingatnya kembali, simak pembahasannya di bawah ini.

Definisi Adjective Clause

Disebut juga sebagai relative clause yang masuk dalam dependent clause. Dalam tatanan bahasa Inggris, klausa ini merupakan salah satu elemen penting untuk menyempurnakan kalimat baik dalam percakapan maupun tulisan. Adjective atau relative clause berfungsi untuk menerangkan noun (kata benda) dan juga pronoun (kata pengganti) pada sebuah kalimat. Klausa ini tidak bisa berdiri sendiri, ia harus disandingkan dengan noun atau pronoun untuk membentuk sebuah informasi baru. Adjective atau relative clause juga harus digabungkan dengan relative pronoun dan relative adverb yang terdiri dari: that, where, when, who, whom, whose, which. Contoh:

  • The boy, who was angry at his friend, bit his hand.
  • A 70-year-old man, whose house was recently struck by lightning, said he lost everything.

Baca juga: Relative Clause: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Rumus Adjective Clause dalam Kalimat

Dalam penggunaan adjective clause dalam sebuah kalimat, kamu perlu menghafal rumus-rumusnya di bawah ini.

Relative pronoun +/- S* + V

Relative pronoun (which, who, that) dapat berfungsi menjadi subject jika tidak ada subject lainnya. Posisi adjective clause dalam kalimat Bahasa Inggris selalu mengikuti noun dan pronoun yang diterangkan. Noun atau pronoun di dalam main clause bisa berfungsi sebagai subject, object, atau subject complement dalam kalimat.

Relative adverb + S + V

Selain relative pronoun, ada juga relative adverb (when, where, why) yang bisa disandingkan dalam penggunaan adjective clause. Relative adverb berfungsi untuk menerangkan atau menjelaskan noun sebagai keterangan tempat, keterangan waktu, dan juga alasan.

Grammar yang digunakan dalam penggunaan adjective clause bisa disesuaikan dengan kondisinya. Sama juga dengan verb yang digunakan–verb 1, 2 , maupun 3 dapat digunakkan sesuai dengan konteks yang ingin dibicarkan.

Baca juga: Conditional Sentence Type 0,1,2,3: Definisi, Rumus, dan Contoh

Jenis Adjective Clause

Apa saja jenis adjective clause yang perlu kamu ketahui? Ada restrictive dan juga non-restrictive. Untuk lebih jelasnya, mari cek penjelasan singkat dari masing-masing jenis di bawah ini.

Restricitve

Merupakan kalimat independen dan dependen yang terikat. Restrictive clause berfungsi untuk mengidentifikasi noun yang dijelaskan dalam sebuah kalimat. Restrtictive clause dalam kalimat biasanya menggunakan ‘that‘ untuk memperjelas atau menggabungkan noun tersebut. Contoh kalimat: I prefer to use a smartphone that can capture a great picture. ‘That’ dalam kalimat ini digunakan untuk menjelaskan noun utama (smartphone) sebagai objek utama dalam kalimat.

Non-restrictive

Kebalikan restrictive, ada juga non-restrictive. Sebenarnya, keberadaan non restrictive ini tidak terlalu diperlukan karena hanya sebagai informasi tambahan dalam menjelaskan noun utama dalam objek. Non-restrictive biasanya menggunakan tanda koma untuk mendahului relative pronoun.

Contohnya: Michael, whose mom passed away 6 years ago, developed his business overseas. Keterangan “whose mom passed away 6 years ago” tidak memengaruhi keseluruhan arti dari kalimat di atas. Jika keterangan tersebut ditidak adakan, kalimat masih tetap bisa berdiri dan dipahami seutuhnya.

Contoh-Contoh Kalimat Adjective Clause

Dilansir dari Your Dictionary, ada beberapa contoh kalimat dengan penggunaan adjective clause yang bisa kamu pelajari, antara lain:

  • People who are smart follow the rules.
  • I can remember the time when cell phones didn’t exist.
  • Charlie has a friend whose daughter lives in China.
  • The reason why Sandra went to law school is that she didn’t want to be a doctor.
  • She is a woman who works hard to support her only child.
  • The man whom you saw last night is my uncle.
  • The blue short hair woman, whose bike had a flat tire, works as a waiter at Wendy’s.
  • I still remember the day when you fell asleep in the office’s meeting room.
  • This is the reason why she left you for another man.

Baca juga: Arti Kata At Least dan Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Dengan penjelasan di atas, kamu mulai bisa mengingat-ingat kembali mengenai adjective clause yang mungkin sering dilupakan. Jika kamu masih butuh pengingat atau ingin belajar kembali mendalami bahasa Inggris, ada program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang bisa kamu ikuti selama di rumah. Dengan metode pengajaran online, kamu bisa dengan mudah mengakses materi, mengikuti proses belajar virtual, bahkan bertatap muka dengan Native English Trainers yang profesional.

Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat Bahasa Inggrismu!

Baca juga artikel menarik lainnya

Arti dari “Literally”: Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Jan 18, 2021

“Literally” merupakan salah satu kata bahasa Inggris yang paling sering digunakan dalam sebuah percakapan khususnya…

Slash (/) Garis Miring dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contoh

Jan 18, 2021

Tanda garis miring atau dalam bahasa Inggris disebut dengan slash, merupakan tanda baca umum yang…

Arti “Ago” dalam Bahasa Inggris: Contoh dan Cara Penggunaan

Jan 14, 2021

Sesuai yang sudah kamu ketahui bahwa grammar bahasa Inggris terdiri dari tiga perbedaan waktu; lampau,…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami